File

Selasa, 31 Mei 2011

JARINGAN NIRKABEL (WIRELLES LAN)

JARINGAN NIRKABEL (WIRELESS LAN)

1)       
Alat dan bahan :

·          
Beberapa komputer untuk dijadikan server dan workstation

·          
Switch 8 port

·          
Access point wireless tipe PCI

·          
Kartu jaringan PCMCIA




Peralatan tambahan

·          
Print server

·          
Broad band router (untuk akses internet)




Untuk jaringan nirkabel kita tidak akan dipusingkan dengan pemasangan kabel dan akibatnya penempatan komputer-komputer juga akan lebih bebas dan mudah.


2)       
Langkah kerja :

a)       
Siapkan beberapa komputer seperti yang telah dilakukan di cara pembuatan jaringan kabel.

b)       
Installasi nya relatif sama, karena menggunakan kartu wireless tipe PCMCIA

c)        
Kemudian ambil access point. Access point berguna untuk menghubungkan kartu-kartu jaringan nirkabel yang ada pada jaringan kita kita. Buat tipe koneksi jaringan nirkabel yaitu add hoc dan infrastruktur. Add hoc tidak menggunakan access point jadi setiap kartu jaringan nirkabel saling berhubungan, namun tidak berkomunikasi dengan jaringan luar. Sedangkan infrastruktur menggunakan access point yang terhubung dengan kabel Ethernet untuk kemudian dihubungkan ke jaringan kabel. Kebanyakan jaringan nirkabel menggunakan koneksi tipe infrastruktur.

d)       
Pasangkan masing-masing kartu jaringan untuk jaringan nirkabel ke komputer. Untuk PCMCIA dipasang ke PC notebook dan PCI untuk PC desktop.

e)       
Setelah terpasang lalu menginstall driver dan biasanya untuk kartu jaringan nirkabel perlu menginstall software tambahan untuk mengatur kerjanya.

f)        
Konfigurasi software


1)       
Mengistall wireless PCI adapter. Secara otomatis windows xp akan mendeteksi adanya suatu hardware yang baru. Dan arahkan posisi untuk driver wireless PCI adapter. Lalu tekan next. Lalu finish.


2)       
Selanjutnya menginstall program EZ connection wireless yang berisi file konfigurasi untuk wireless PCI adapter. Setelah selesai lalu jalankan programnya.


3)       
Menghubungkan koneksi kartu jaringan biasa PCI dengan kartu jaringan wireless PCI adapter dengan access point yang telah dipasang di switch.


4)       
Dan kita lihat tampilan di konfigurasi setelah access point itu dihubungkan ke switch. Lihat pada bagian info link, terdapat informasi dari wireless adapter dimana di dalamnya terdapat laporan mengenai BSS ID, channel yang dipakai, transmisi yang dipakai,kualitas dari link, dan kondisi kekuatan signal dari wireless card.


5)       
Lalu di konfigurasi,dimana modenya adalah infrastruktur, SSID defaultnya ANY, transfer rate nya adalah fully automatic, PS mode defaultnya disabled.


6)       
Pada bagian encryption untuk mengatur transmisi data secara aman.


7)       
Lalu kita buktikan apakah komputer yang memakai kartu wireless telah terhubung dengan access point telah tersambung pada suatu jaringan yang sebelumnya sudah dijelaskan memakai workgroup MSHOME.


8)       
MSHOME setelah diklikakan muncul komputer yang sudah dinamai pada pembahasan jaringan kabel yaitu “auqes xp (biohazward)” dan “attlion xp (biohazwerd2)”.


9)       
Dan mencoba koneksi atau kecepatan transfer dari kedua komputer tersebut dalam melakukan pengkopian file yang kecil dan file yang cukup besar.


10)    
Dan klik salah satu file yang ada pada komputer biohazward2, dan file kecil tersebut dicopy ke komputer biohazward. Dan berikutnya mengcopy salah satu file yang berukuran besar dari biohazward2 ke biohazward. Dan proses signal nya naik turun. Pada lampu indicator access pointnya pun kedap kedip dan itu menunjukkan bahwa proses sharing sedang berlangsung antara kedua komputer tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar