File

Rabu, 15 Februari 2012

perancangan aplikasi penggajian(2)


Gaji pokok seorang guru yang besarnya telah ditentukan pada saat penerimaan pegawai kemudian dicatat. Besarnya gaji pokok yang diberikan biasanya sangat tergantung dengan latar belakang pendidikan yang dimiliki, kemampuan maupun pengalaman kerjanya.
1. Gaji Pokok
      Gaji pokok seorang karyawan yang besarnya telah ditentukan pada saat penerimaan pegawai .
2. Tunjangan                                                             
Tunjangan adalah unsur-unsur balas jasa yang diberikan dalam nilai rupiah secara langsung kepada karyawan individual dan dapat diketahui secara pasti. Tunjangan diberikan dimaksud agar dapat menimbulkan atau meningkatkan semangat kerja dan kegairahan bagi para guru. Adapun berbagai  macam tunjangan terdiri atas :
1.    Tunjangan Keluarga
PNS yang telah beristeri/suami dierikan tunjangan suami/isteri 5% dari gaji pokok, PNS yang mempunyai anak sampai usia 18 tahu diberikan tunjangan anak 2% dari gaji pokok, serta diberikan haknya untuk 2 anak
2.    Tunjangan Jabatan
Diberikan kepada PNS yang menduduki jabatan  seperti Tunjangan Jabatan Struktural: PNS yang menduduki jabatan struktural diberikan tunjangan jabatan structural, sedangkan Tunjangan Jabatan Fungsional: Diberikan kepada PNS yang menduduki jabatan fungsional, dan Tunjangan Kependidikan diberikan kepada Guru, Pengawas Sekolah
3.    Tunjangan Kematian
PNS yang meninggal dunia keluarganya berhak atas bantuan keuangan penghasilan perbulan. Jika tidak memiliki suami/isteri maka diberikan kepada anaknya. Dan Jika tidak ada orang tua diberikan kepada ahli warisnya. PNS yang tewas keluarganya berhak atas uang duka.
Tewas: Meninggal dalam dan karena menjalankan tugas , serta Meninggal dalam keadaan lain yang ada hubungannya dengan dinas, dan Meninggal yang langsung diaikbatkan oleh luka/cacat rohani karena menjalankan tugas, Apabila meninggalkan leibh dari 1 isteri yang sah, maka uang anak tersebut diberikan kepada isteri pertama , Jika tidak meninggalkan isteri maka diberikan kepada anaknya , Jika tidak meninggalkan isteri dan anak maka diberikan kepada orang tuanya/oleh walinya.
4.    Tunjangan Hari Raya
Tunjangan ini hanya diberikan pada saat hari raya dan tahun baru, dan besarnya sama dengan gaji pokok yang dimiliki setiap karyawan. Karena tidak dibagi pada setiap bulan, tunjangan jenis ini tidak menyediakan catatan ataupun kartu secara khusus.
5.    Tunjangan Kesehatan
Catatan mengenai tunjangan ini tidak dijadikan satu dengan gaji. Setelah karyawan menerima uang dan diminta tanda terimanya, langsung dibukukan.
6.    Tunjangan Khusus / Bonus Khusus.
Catatan mengenai tunjangan ini dijadikan satu dengan gaji dan biasanya dikelompokkan dalam pendapatan lain-lain.

3. Berbagai  Macam Potongan
a. Kasbon
Karyawan yang memerlukan kasbon, terlebih dahulu harus mengisi formulir. Formulir ini dibuat rangkap dua, dimana satu lembar akan disimpan oleh bagian pembukuan, dan satu lembar lagi akan dimasukkan kedalam map karyawan yang bersangkutan.
b. Hutang Kepada Perusahaan
Karyawan dapat mengajukan permohonan peminjaman uang kepada perusahaan dengan cara pembayaran angsuran selama satu periode tertentu, misalnya dalam jangka waktu satu tahun dengan tanpa dibebani bunga. Pembayaran angsuran hutang karyawan, biasanya dilakukan pada saat akhir bulan, yaitu pada saat yang bersangkutan menerima gaji.
                  Besarnya gaji pokok ataupun tunjangan yang diberikan kepada karyawan, pada saat-saat tertentu akan di-evaluasi. Ada kemungkinan bahwa besarnya tunjangan ataupun fasilitas yang diberikan kepada karyawan, akan mengalami penurunan. Hal ini disebabkan karyawan yang bersangkutan mungkin sudah tidak menjabat pada posisi tersebut, sehingga karyawan yang bersangkutan tidak berhak lagi untuk menerimanya
                  Dengan demikian, selain menerima gaji pokok yang besarnya telah ditentukan, pada umumnya setiap karyawan juga akan menerima berbagai macam tunjangan serta dikurangi dengan berbagai macam kewajiban yang harus dibayarkan kepada perusahaan.
Untuk bisa mendapatkan hutang dari perusahaan, karyawan yang bersangkutan diwajibkan mengajukan permohonan tertulis, yang isinya antara lain menyebutkan :
1. Besarnya pinjaman yang diperlukan.
2. Maksud dan tujuan meminjam uang.
3. Cara pembayaran / pemotongan gaji pada setiap akhir bulannya.
Sistem penggajian yang dilakukan ialah pegawai yang memiliki pangkat yang sama mendapatkan gaji yang sama sedangkan tunjangan yang diberikan berbeda-beda.  Standar minimal penghasilah yang harus diterima PNS ialah Gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan pangan. Tunjangan jabatan diberikan bagi PNS yang memangku jabatan. Tunjangan jabatan struktural merupakan jabatan berdasarkan “span of control” terhadap lingkungan tugas pekerjaan, sedangkan jabatan fungsional merupakan jabatan atas keahlian seorang PNS.







2.1 Model penelitian yang telah ada
No

Judul penelitian
Hasil
Persamaan
Perbedaan
1
Perancangan database penggajian karyawan pada PT Bernofarm
Pembahasannya hanya dibatasi pada absensi, data jam kerja dan slip pembayaran gaji.
Menggunakan database Mysql dan Visual Basic 6.0
Penelitian tersebut hanya sampai pada tahap analisa saja.
2
Perancangan database penggajian SMA Al-Jumhuriyah
Pembuatan perancangan database penggajian  guru ini bertujuan memudahkan tata usaha dalam mengelola gaji guru-guru di sekolah tersebut.
Menggunakan database Mysql dan Visual Basic 6.0
pembahasannya hanya masalah absensi dan tunjangan saja, jadi belum termasuk jam kerja.
3
Perancangan database penggajian pegawai
Perancangan ini bertujuan untuk membuat aplikasi penggajian yang mudah sehingga dapat menghasilkan informasi maupun laporan yang cepat.
Menggunakan database Mysql dan Visual Basic 6.0
Masih harus dilkakukan evaluasi secara berkala agar tidak terjadi kerangkapan data


2.2 Kerangka Pemikiran
Dari model yang sudah ada, maka peneliti membandingkan database penggajian ini yang mempunyai pesamaan dan perbedaan. Tujuan pembuatan database penggajian ini ialah untuk memudakan administrasi dalam mengelola penggajian guru di sekolah serta untuk meminimumkan pengulangan data dan mencapai independensi data.  Independensi data merupakan kemampuan untuk  mengubah dalam struktur data tanpa membuat perubahan pada program yang memproses data.
Pemanfaatan Komputer sebagai sarana komputerisasi dalam penyajian data dan sistem  penggajian guru. Dengan adanya database penggajian guru ini maka  proses penggajian guru ini akan lebih mudah serta laporan data kepada kepala sekolah jauh dari sempurna seperti yang diharapkan. Dengan menggunakan database MySql pada penyimpanan data dapat bekerja cepat dan baik dengan data yang besar.
Database merupakan tempat penyimpanan dan pengolahan data-data menjadi suatu informasi yang dapat diakses kapan saja, serta mudah digunakan.
Pada database penggajian karyawan di PT.Bernofarm , pembuatan database hanya dibatasi pada absensi, data jam kerja dan slip pembayaran gaji. Hasil dari pengolahan tersebut hanya berupa informasi tentang absensi, dta jam kerja dan slip gaji saja.
Sedangkan database penggajian SMA Al-Jumhuriyah, pembuatan databasenya   hanya masalah absensi dan tunjangan saja, jadi belum termasuk jam kerja,  maka pengolahan pun hanya mengolah absensi dan tunjangan.
Dan pada database penggajian pegawai   pembuatannya hanya mengelola pendapatan saja dan laporan penggajian sehingga  informasi yang dihasilkan pendapatan dan laporan penggajian saja..
Maka  fungsi database ialah  sebagai tempat penyimpanan data, mengolah data, dan menyajikan informasi yang sesuai dengan apa yang diolahnya.






BAB III
METODOLOGI PENGEMBANGAN MODEL

3.1 Objek Penelitian
UPTD SMP Negeri 2 Bantarujeg beralamat di Jl. Salawangi No.11 Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka dan berdiri pada tahun 1994. Sekolah ini memiliki bangunan baru yang terdiri atas ruangan belajar, ruang guru dan TU, ruang Kepala Sekolah, ruang komputer, perpustakaan, laboratorium IPA dan laboratorium komputer, ruang keterampilan, ruang kesenian aula, mesjid, ruang OSIS,BP, koperasi siswa, PMR, DKM, studio radio kampus (2FM 93,9 Mhz), kantin, rumah jaga dan lapangan olah raga (bola voli dan basket, garasi motor serta dikelilingi oleh pagar beton setinggi 2 meter.
Program rutin yang menjadi kalender tahunan meliputi: upacara hari besar,porseni SD pendukung, kemah bersama, Study Tour, pagelaran seni dalam perpisahan dan kenaikan kelas dan study banding ke sekolah lain. Kegiatan ekstra kurikuler meliputi ; Pramuka, Paskibraka, PMR, Kesenian (kesenian tadisional dan kesenian modern), Olah raga dan BTQ. Jumlah murid yang ada di sekolah ini sebanyak 748 siswa, 62 guru, 25 kelas.
3.2 Metodologi Pengembangan Model secara Skematik
Metodologi pengembangan model yang digunakan ialah metodologi pengembangan waterfall. Output dari setiap tahap merupakan input bagi tahap berikutnya.
Karakteristik dari metodologi waterfall ini meliputi beberapa bagian, yaitu :
1. Aktivitas mengalir dari satu fase ke fase lainnya secara berurutan.
2. Setiap fase dikerjakan terlebih dahulu sampai selesai, jika sudah selesai baru
mulai pada fase berikutnya.      

Gambar 3.2 waterfall.
Sumber: Fatansyah 2007









3.3 Uraian Rinci Metode Pengembangan Model
Tahap pengembangan sistem informasi pada waterfall antara lain:
1.    Pengumpulan data
Pada tahap ini dilakukan identifikasi sistem, studi kebutuhan pengguna, dan studi kelayakan sistem baik secara teknis maupun teknologi serta penjadwalan pengembangan sistem. 
2.     Analisis kebutuhan pembangunan perangkat lunak.
Pada tahap ini pengumpulan kebutuhan diintensifkan dan difokuskan pada sistem yang akan dibangun meliputi identifikasi domain informasi, tingkah laku sistem, unjuk kerja, dan antarmuka sistem. Kebutuhan untuk sistem didokumentasikan dan dikonsultasikan lagi dengan pengguna. 
3.    Desain 
Tahap  ini difokuskan pada proses desain struktur data, arsitektur sistem, representasi interface, dan algoritma program. 
4.    Kode
Setelah proses desain selesai maka hasilnya harus diterjemahkan kedalam bentuk program komputer yang kemudian menghasilkan suatu sistem. 
5.    Pengujian
Pengujian dilakukan untuk menemukan kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi pada proses pengkodean serta memastikan bahwa input yang dibatasi memberikan hasil yang sesuai dengan kebutuhan.
6.    Pemeliharaan
Proses ini dilakukan setelah sistem yang dihasilkan disampaikan kepada pengguna, terutama jika sistem mengalami permasalahan yang belum ditemukan pada saat proses pengujian, permasalahan ini dapat berkaitan dengan permintaan pengguna yang membutuhkan perkembangan fungsional sistem maupun adanya penyesuaian dengan lingkungan eksternal seperti adanya perubahan periperal atau perubahan sistem operasi. Fase pemeliharaan akan mengakibatkan pengembang mengaplikasikan lagi setiap fase pengembangan sistem mulai dari awal, namun tidak membuat sistem yang baru.
3.4 Langkah – Langkah Pengembangan Model
1.    Pengumpulan data
Pengumpulan data yang dilakukan  dalam penyusunan proposal ini yaitu dengan  mengumpulkan data-data guru, data absensi guru, serta data-data penggajian guru.
2. Analisis
Berdasarkan analisis system yang berjalan mengenai penggajian di SMPN 2 Bantarujeg belum sesuai dan juga membutuhkan waktu dalam penginputan data, dikarenakan proses penggajian ini sangat lambat maka penulis merancang database penggajian SMPN 2 Bantarujeg.
Sistem penggajian di SMPN 2 Bantarujeg hal yang sangat penting bagi pekerjaan yang dilakukan pada bagian administrasi. Sistem yang digunakan untuk
penggajian pada SMPN 2 Bantarujeg menggunakan Microsoft Excel yang dinilai kurang efektif. Hal ini membuat sedikit kesulitan bagian administrasi dalam membuat laporan penggajian yang akan dilaporkan ke Pemimpin Yayasan.
Perangkat keras yang dibutuhkan ialah:
a.    Monitor
b.    CPU (Central Processing Unit)
c.    Harddisk sebagai tempat sistem beroperasi dalam media penyimpanan
d.    Memori 1024 MB
e.    Keyboard dan mouse
Perangkat lunak yang dibutuhkan ialah:
2.    Sistem Operasi  Windows XP
3.    Mysql sebagai bahasa pemrograman untuk database
4.    Crystal Report sebagai editor pendesainannya
5.    Visual Basic 6.0 sebagai bahasa pemrograman server side
3.Desain
Desain merupakan merancang bagaimana perangkat lunak akan dibangun, merancang bentuk tampilan sehingga menghasilkan keluaran sesuai dengan yang dibutuhkan.
  Desain sistem merupakan gambaran yang diberikan kepada user tentang sistem atau kegiatan yang akan dilakukan dan merupakan persiapan dari desain Tahap pemeliharaan sistem sistem setelah dilakukan analisa sistem..
  Perencanaan adalah kegiatan merencanakan kebutuhan pengguna yang menyangkut studi-studi kelayakan baik secara teknis maupun teknologi serta penjadwalan langkah awal untuk menuju tahap berikutnya yaitu analisa sistem.
Rancangan masukan (Input)
Kualitas system input menentukan kualitas output. Adapun tujuan prancangan masukan ialah:
a.    Untuk membuat penyeleseaian input yang mudah .
b.    Untuk menjamin input akan memenuhi tujuan yang diharapkan.
c.    Untuk menjamin penyelesaian yang tepat.
d.    Untuk membuat tampilan layar dan formulir yang menarik.
Desain untuk input data gaji seperti NIP, Nama Pegawai, Golongan, Masa Kerja, Gaji Pokok, Tunjangan Anak, Tunjangan Istri, Tunjangan Jabatan, Total Gaji. Prosesnya Simpan, Batal, Hapus, Edit, Keluar, Refresh dan Keluar.
Sedangkan desain perancangan databasenya ialah:
a.    Tabel golongan, digunakan untuk menampung data pegawai sesuai dengan golongannya yang meliputi Kode_golongan, Masa_kerja, dan Gaji_pokok.
b.    Tabel guru, digunakan untuk menampung seluruh data pegawai yang meliputi NIP, nama, Tgl Lahir, Jenis Kelamin, Agama, dan status dari data pegawai.
c.    Table gaji pegawai, digunakan untuk menampung seluruh gaji pegawai yang meliputi waktu gaji, gaji pokok, tunjangan anak, tunjangan istri, tunjangan jabatan, gaji total pegawai tersebut.
d.    Tabel absensi terdiri dari Kd_absen, Tgl_absen, Jml_absen, NIP, Kd_slip.
Desain sistem kegiatan yang dilakukan adalah :
1.    Merancang aliran data dengan menggambarkan DFD
Di dalam diagram konteksnya  terdapat 1 buah sistem penggajian guru dengan 2 buah eksternal entity yaitu guru dan pemimpin,, input yang dibeikan guru kepada sistem berupa data guru absen, dan output yang di erima guru dari sistem berupa slip gaji. Sedangkan pemimpin hanya mendapatkan output dari sistem berupa laporan.
2.    Gambaran struktur programnya terdiri dari:
1.    Menu utama.
2.    File data, terdiri dari data guru, data absensi, data gaji guru dan keluar.
3.    Tabel,  terdiri dari tabel data guru, tabel absensi guru, tabel gaji guru dan keluar.
4.    Laporan, terdiri dari laporan gaji, slip gaji dan keluar.
5.    Keluar.
3.    Kode
Setelah proses desain selesai maka hasilnya harus diterjemahkan kedalam bentuk program komputer yang kemudian menghasilkan suatu sistem. 
4.    Pengujian
Pengujian dilakukan untuk menemukan kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi pada proses pengkodean serta memastikan bahwa input yang dibatasi memberikan hasil yang sesuai dengan kebutuhan.
5.    Pemeliharaan
Proses ini dilakukan setelah sistem yang dihasilkan disampaikan kepada pengguna, terutama jika sistem mengalami permasalahan yang belum ditemukan pada saat proses pengujian, permasalahan ini dapat berkaitan dengan permintaan pengguna yang membutuhkan perkembangan fungsional sistem maupun adanya penyesuaian dengan lingkungan eksternal seperti adanya perubahan periperal atau perubahan sistem operasi. Fase pemeliharaan akan mengakibatkan pengembang mengaplikasikan lagi setiap fase pengembangan sistem mulai dari awal, namun tidak membuat sistem yang baru.
3.5 Rencana Validasi Model
Dalam menguji kinerja proses penggajian guru diperlukan suatu peritungan agar gaji yang diterima setiap guru sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. 
Berikut adalah rumus perhitungan gaji guru:
Gaji = Gaji pokok+Aneka Tunjangan-Potongan
Gaji pokok seorang guru yang besarnya telah ditentukan pada saat penerimaan pegawai kemusian dicatat. Besarnya gaji pokok yang diberikan biasanya sangat tergantung dengan latar belakang pendidikan yang dimiliki, kemampuan maupun pengalaman kerjanya.
3.6 Jadwal Penelitian
Pelaksanaan kegiatan ini dirancang akan berlangsung selama 3 bulan dari bulan Oktober sampai dengan Desember, pelaksanaan waktu masing – masing tahapan kegiatan dapat dilihat seperti pada jadwal kegiatan berikut.
Tabel
Jadwal Penelitian
No
Kegiatan
Bulan/Minggu
Oktober
November
Desember
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Persiapan Proposal












2
Konsultasi












3
Perbaikan












4
Pelaksanaan












5
Perancangan Model/Sistem












6
Evaluasi












7
Laporan Hasil Penelitian















DAFTAR PUSTAKA
Eursanto dalam buku penggajian (2001:53).
Fathansyah buku basis data (November2007:2).
Jogiyanto Hartono,MBA,Ph.D (tahun1999:711).
Sutabri waterfall buku yang berjudul Analisis Sistem Informasi (2004:62).
www.google.com

DAFTAR ISI
                                                                                                   Hal
KATA PENGANTAR  ..................................................................................     i
DAFTAR ISI ..................................................................................................     ii
DAFTAR TABEL..........................................................................................     iv
DAFTAR GAMBAR......................................................................................     v
BAB I       PENDAHULUAN
1.1.    Latar Belakang ..................................................................     1
1.2.    Rumusan Masalah ...........................................................     6
1.3.    Tujuan Penelitian .............................................................     6
1.4.    Pembentukan Model ........................................................     6
1.5.    Kontribusi Penelitian ........................................................     7
1.6.    Sistematika Penulisan .....................................................     7
1.7.    Kegunaan Model ..............................................................     9
BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA PEMIKIRAN
2.1.    Database ............................................................................     10
            2.1.1 Pengertian Database............................................     10
            2.1.2. Bentuk Database..................................................     11
            2.1.3 Fungsi Database...................................................     11
            2.1.4 Tujuan Pembuatan Database............................     13



2.2.    Gaji ......................................................................................     14
            2.2.1. Pengertian Gaji.....................................................     14
            2.2.2. Prosedur Pencatatan Gaji..................................     15
2.3   Model Penelitian yang sudah ada...................................     20
2.4 Kerangka Pemikiran ...........................................................     21         
BAB III     METODOLOGI PENGEMBANGAN MODEL
3.1.    Objek Penelitian ................................................................     23 
3.2.    Metodologi Pengembangan model Secara Skematik           23
3.3.    Uraian Rinci Metode Pengembangan Model...............     25
3.4.    Langkah-langkah Pengembangan Model....................     26
                3.5.   Rencana Validasi Model....................................................     29
3.6    Jadwal Penelitian..............................................................     30
DAFTAR PUSTAKA





KATA PENGANTAR
Assalamualaikum wr. wb.
Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadiran Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmat dan hidayahNya, sehingga penyusunan proposal dapat diselesaikan. Penyusunan proposal ini merupakan tugas mata kuliah Riset Teknologi Informatika.
Di dalam penulisan proposal ini penulis menyadari masih terdapat kesalahan di dalamnya. tidak akan terwujud tanpa adanya dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. Maka, dalam penulisan ini penulis mengucapkan  ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada yang terhormat :
1.    Orang Tua dan keluarga atas segala do’a serta segala dukungan moral, spiritual serta materi juga pengertiannya yangtak terhingga kepada penulis.
2.    Bapak Dady Mulyadi, M.M selaku dosen di Mata Kuliah Riset Teknik Informatika Di Kampus STMIK Sumedang yang telah banyak membantu.
3.    Teman-teman yang telah memberikan inspirasi, dukungan, motivasi, dorongan baik secara langsung maupun tidak langsung.
4.     Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah memberikan bantuan dan saran sampai terselesaikannya Skripsi ini.
Semoga segala bantuan, bimbingan dan petunjuk yang telah diberikan dengan tulus ikhlas oleh semua pihak dalam penyusunan proposal  ini mendapat imbalan pahala yang berlipat dari Allah SWT. Akhir kata penulis mohon maaf atas kekeliruan dan kesalahan yang terdapat dalam proposal  ini .   
                                                                                   Sumedang, Desember 2011
                                                                                               Penulis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar